03 Jan 2017, 09:05:29

​Betah Belajar di Perpustakaan Termegah di Dunia




Banyak yang bilang bahwa buku adalah jendela dunia. Dan ketika kita membaca buku, kita menjelajadi dunia itu sendiri. Membaca adalah cara utama kita belajar dan mendapatkan informasi. Orang yang gemar membaca buku, adalah orang yang tidak malas untuk belajar dan memperoleh ilmu. Maka dari itu teman-teman Protege jangan malas untuk membaca buku yah. Perpustakaan berikut ini dijamin akan membuat anda betah membaca lama karena tempatnya yang nyaman dan mewah.


Stadtbibliothek Stuttgart Libray

Perpustakaan yang satu ini adalah perpustakaan umum yang terletak di Stuttgart, Jerman. Perpustakan ini dikelolah oleh departemen kebudayaan kota Stuttgart. Di dalamnya pun juga dikategorikan berbagai macam jenis perpustakaan. Dari perpustakaan anak-anak, seni, musil, sejarah dan lain sebagainya. Terdapat sekitar 100,000 koleksi buku dari seluruh dunia. Tak hanya buku saja, terdapatjuga koleksi bacaan digital yang tersimpan rapi di dalamnya. Ditambah lagi uniknya dari bangunan perpustakaan ini di malam hari, pencahayaan lampu di malam hari membuat bangunan tersebut tampak seperti lautan cahaya berwarna biru. Setiap harinya terdapat sekitar 4000 pengunjung yang mendatangi perpustakaan Stadtbibliothek Stuttgart ini.


Admont Abbey Monastic Library

Arsitektur dari perpustakaan yang satu ini membuat kita teringat pada gereja-gereja romawi yang ada di Eropa. Tak heran karena perpustakaan ini merupakan biara tertua yang ada di Styria, Austria yang dibangun pada tahun 1074. Hal yang menonjolkan seni dari bangunan ini adalah lukisan-lukisan dinding serta patung-patung di dalamnya. Bartolomeo Altomonte sang pelukis yang meluis dinding-dinding tersebut menyelesaikan lukisannya dalam waktu setahun. Koleksi buku-buku yang ada disini berjumlah sekitar 200.000 disertai dengan 1.400 manuskrip tua mulai dari awal abad ke 8 dan 530 incunabula. Admont Abbey Monastic Library berlokasi di daerah Sungai Enns, kota Admont, Austria. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan biara terbaik dan tertua yang ada di dunia. Pecinta seni tentunya akan betah berlama-lama disini serta menikmati indahnya arsitektur tersebut.


Library of Birmingham

Perpustakaan megah berikutnya berada di Birmingham, Inggris. Perpustakaan umum ini dirancang oleh arsitek bernama Francine Houben ini termasuk perpustakaan umum yang hadir pada tanggal 3 September tahun 2013. Library of Birmingham memiliki luas sebesar 31.000 meter persegi. Koleksi-koleksi bukunya pun dari lokal sampai internasional. Ratusan buku dari para sastrawan ternama juga tersimpan di perpustakaan ini, seperti milik Audubon’s Bird of America yang hanya ada 119 jumlah. Karena banyak sekali buku langka tersimpan disini, keamanannya pun sangat terjaga. Perpustakaan ini disebut sebagai perpustakaan terbesar yang ada di Benua Eropa. Sangking luasnya, di dalam gedung perpustakaan pun disediakan eskalator untuk mempermudah akses pengunjung mencari buku yang mereka cari.


Beinecke Rare Book & Manuscript Library

Perpustakaan yang dimiliki oleh Universitas Yale di Amerika Serikat merupakan salah satu dari perpustakaan terbaik di dunia. Bangunan ini di rancang oleh Gordon Bunshaft dan dibuka untuk publik pada tanggal 14 Oktober 1963. Ratusan buku dan jutaan manuskrip yang ada tersimpan aman di dalam kaca. Desain dari perpustakaan ini banyak menggunakan unsur kaca serta marmer dan granit dari kualitas terbaik. Selain nyaman dan bersih, perpustakaan ini juga menerapkan suhu 21 derajat celcius sehingga menjaga kelembaban buku agar aman. Hal ini membuat buku-buku terjauh dari debu serta aman digunakan oleh pembaca.



RELATED NEWS