01 Mar 2017, 10:01:08

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil




Susu termasuk dalam list asupan 4 sehat 5 sempurna. Susu merupakan minuman yang memiliki gizi protein yang sangat tinggi. Tidak hanya tinggi dalam protein, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang lain. Seperti vitamin dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terdapat dua jenis susu yang bisa kita konsumsi, yaitu susu yang berasal dari protein hewani dan yang berasal dari protein nabati. Contoh susu yang berasal dari protein hewani yaitu susu sapi, susu kambing, dan susu kerbau. Sedangkan susu yang berasal dari protein nabati yaitu susu kacang kedelai, dan susu kacang almond. Susu kedelai tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tetapi juga banyak sekali jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi tersebut berupa asam folat, kalsium, protein, lemak nabati, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin E. Susu kedelai ini sangat baik untuk ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Mengkonsumsi susu kedelai merupakan alternatif bagi kalian yang alergi terhadap protein hewani. Berikut adalah beberapa manfaat dari susu kedelai bagi ibu hamil:


1. Mengurangi Kadar Kolestrol Jahat

Lemak nabati yang berasal dari susu kedelai memiliki fungsi yaitu untuk mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam darah. Ibu hamil yang memiliki kadar kolestrol yang tinggi akan berbahaya bagi tubuh ibu hamil tersebut serta janin yang ada dalam kandungannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai bagi ibu hamil.


2. Sumber Energi

Ketika sedang hamil, bumil mudah sekali merasa lelah saat melakukan aktivitas yang berat. Bukan berarti hal ini dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Namun, bumil tetap harus melakukan melakukan aktivitasnya sehari-hari dan bergerak secara aktif agar proses persalinan pun menjadi lancar. Bumil juga membutuhkan asupan energi yang lebih untuk mempermudah proses persalinan nanti. Nah energi tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi susu kedelai.


3. Mengoptimalkan pertumbuhan kembang janin

Susu kedelai memiliki kandungan protein berupa lisin, arginine, teronin dan glisin. Semua protein tersebut memiliki fungsi dalam mengontrol perkembangan organ janin agar berkembang secara sehat, lengkap dan optimal.



4. Mencukupi asupan vitamin

Kandungan vitamin dalam susu kedelai dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin ibu hamil serta janin dalam kandungannya. Vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B dapat melancarkan perkembangan janin.


5. Membantu Perkembangan Syaraf dan Otak Bayi

Susu kedelai memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat berfungsi dalam membantu perkembangan syaraf dan otak bayi agar terlahir dengan sehat dan sempurna. Apabila asam folat tersebut dikonsumsi secara teratur, akan berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.



RELATED NEWS