02 Mei 2017, 14:39:11

Kalau Biasanya Penjara itu Gelap dan Suram.. Nah! Penjara yang Satu ini Imut Banget karena Serba Pink!




Kita semua tahu bahwa yang namanya penjara itu gelap dan menyeramkan. Tempat yang berisi para tahanan yang berpenampilan garang dan terlihat sangar. Bahkan kebanyakan dari mereka berbadan kekar serta bertato sehingga menakutkan. Kbanyakan dari sel penjaranya pun terlihat kotor dan kumuh.

Tapi tunggu dulu.. setelah kamu melihat penjara imut yang satu ini pasti kamu bakalan tercengang. Konsepnya yang unik dan berbeda dari penjara-penjara yang lain. Penjara ini terletak di kota Biel Bienne, Swiss. Penjara ini bernuansa warna pink sebagai simbolnya. Kenapa begitu? Simak alasan-alasan di bawah ini.


Ngga cuman sel’nya aja nih yang warna pink.. Baju tahanan pun dipakaikan warna pink. Gimana ngga imut-imut para tahananya yah..?

Yang kita ketahui tentang sel penjara yaitu gelap, sempit, menyeramkan, menyeramkan bahkan kumuh. Namun sel penjara di Biel Bienne ini terlihat serba pink hampir di setiap sudutnya. Tidak cuman diluarnya, tetapi ornamen di dalam sel’nya pun semuanya pink unyu. Konsep pink tersebut pertama kali diterapkan pada tahun 2005 dan masih terus berlanjut hingga sekarang. Liat aja pakaian yang dikenakan tahanan pun berwarna pink menggemaskan. Demikian pula dengan ornamen yang ada di dalam sel’nya.

Yang lebih mengejutkan lagi.. ternyata sudah ada 30 sel lebih di Swiss yang mengadaptasi dari konsep penjara ini. Bahkan di Eropa pun contohnya di Jerman juga sudah mulai mencoba. Nyatanya bahwa model penjara yang memiliki konsep serupa bukan cuman satu saja di dunia. Tetapi sudah ada beberapa penjara yang meniru serupa. Demam konsep dari “Cool Down Pink” ini sudah menyerang Eropa juga. Contohnya seperti Dortmund, Hagen, Kleve, dan Attendorn juga memakai konsep yang sama.

Bukan cuman asal pilih warna pink. Tetapi alasan kenapa memilih warna pink yaitu karena memang diteliti bahwa warna pink dapat memberi ketenangan.

Alasan utama kenapa pengelola penjara-penjara tersebut menggunakan unsur pink yaitu karena dipercayai bahwa warna tersebut dapat menciptakan ketenangan. Menurut psikolog bernama Daniela Spath, teori yang digunakan oleh penjara tersebut ialah terapi warna. Dipercayai bahwa warna pink itu dapat menenangkan dan meneduhkan. Maka dari itu, para tahanan diharapkan agar bisa lebih tenang dan tidak agresif ataupun emosi. Dan faktanya cara ini berhasil. Tahanan yang ditempatkan di dalam selama 2 jam emosinya menjadi lebih stabil.

Selain itu, sel warna pink dapat menimbulkan efek jera bagi para tahanan. Siapa yang ngga malu kalau terkurung di sel yang serba pink?

Tunggu dulu.. warna pink memang terlihat unyu, tapi jangan salah ya.. Buat para tahanan yang berbadan kekar, bertato, serta memiliki wajah seram tentunya warna pink membuat mereka merasa dipermalukan.



RELATED NEWS