09 Mei 2017, 16:11:15

Tata Cara Makan di Beberapa Negara Dunia




Dari beberapa negara, khususnya yang masih memegang kuat adat ketimurannya seperti Indonesia, selalu mementingkan tata krama kehidupan sehari-hari. Tidak hanya membina kesopanan kepada yang lebih tua, tetapi juga memiliki etika dalam kegiatan manusia sehari-hari. Contohnya saat makan, orang Indonesia memiliki dua cara yakni memakai sendok atau tangan. Keduanya masih tergolong sopan asalkan tidak bersendawa saat menyantap hidangan. Lain halnya di berbagai negara di dunia, masing-masing memiliki tata cara unik dan juga etika tersendiri. Berikut adalah tata cara unik saat makan di berbagai belahan negara yang ada.


Spanyol

Siapa yang tidak tahu Spanyol? Negara yang terkenal karena tradisi matadornya ini memiliki tata cara makan yang unik yang disebut dengan sobremesa. Sobremesa yang artinya adalah after dining ataupun juga setelah makan ini merupakan kepercayaan bagi bangsa spanyol bahwa mereka tidak boleh langsung meninggalkan meja makan seusai menyantap makanan. Mereka diharuskan untuk diam dan menunggu dulu hingga dirasa makanannya benar-benar telah turun alian masuk ke perut. Sambil menunggu, biasanya mereka mengobrol satu sama lain atau menceritakan hal-hal yang sudah mereka lalui. Tradisi ini memang sudah lama dianut oleh masyarakat spanyol. Bahkan bisa dipastikan semuanya akan sembari sobremesa bersama setelah selesai menikmati makanan.


Jerman

Jerman terletak di bagian Eropa Barat yang juga memiliki tata cara makan yang unik. Jika orang Indonesia terbiasa mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya, warga negara jerman dikenal suka mengkonsumsi roti atau kentang sebagai makanan pokok mereka. Hampir setiap hari warga negara Jerman mengkonsumsi roti serta kentang. Dan uniknya yaitu ketika mereka memakan kentang, biasanya direbus dahulu lalu dihancurkan menggunakan garpu. Dan apabila ada yang menggunakan pisau, hal itu dianggap salah dan tidak memiliki tata krama.


Jepang & Korea

Aturan atau tata krama dari masyarakat Asia Timur memang sudah tak diragukan lagi. Warga negaranya sangat menjujung tinggi nilai tradisi serta budaya yang ditinggalkan oleh leluhurnya. Khususnya tata cara saat menyantap makanan, mereka diharuskan untuk menghormati yang lebih tua. Di Jepang dan Korea, semua diharuskan untuk mengambil makanan menggunakan sumpit tidak peduli ukuran makanan tersebut sekecil atau sebesar apapun. Dan jika sajian tersebut berupa sup, mereka diharuskan untuk memakai sendok dan mencium aroma sup itu dahulu sebelum meminum kuahnya. Hal ini dianggap bahwa kita menghormati dan mengagumi rasa dari makanan tersebut. Satu hal lagi, masyarakat Jepang dan Korea mempersilahkan orang yang lebih tua dahulu untuk mengambil makanan. Ini adalah bagian dari tradisi serta budaya kesopanan warga negara mereka. Selain itu, tidak diperbolehkan menyisakan makanan jika makan bersama dengan mereka, karena hal itu dianggap penghinaan.


Inggris

Bagi rakyat Indonesia, kalau sudah makan penyetan pasti kurang mantap kalau makannya ngga pakai tangan. Berbeda dengan masyarakat Amerika yang berpikir bahwa itu jorok dan menjijikkan. Namun hal ini berbeda dengan warga negara Inggris, mereka terbiasa makan asparagus dengan menggunakan tangan langsung. Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang sering diolah menjadi makanan di Eropa. Mereka menggunakan tangan untuk memotong bagian pangkal asparagus lalu mengunyah bagian lainnya. Bagian pangkal asparagus yang telah dipotong tadi tetap ditaruh di atas piring hingga makan selesai. Seperti inilah tata cara makan yang sudah biasa diterapi oleh masyarakat Britania Raya, Inggris.


Thailand

Negara Thailand juga memiliki tata cara makan yang unik dibanding dengan negara lainnya. Hal-hal mistis dan juga mitos dalam kepercayaan warga negara thailand ini memberi efek kebudayaan yang beraneka ragam. Contohnya seperti ketika duduk lesehan, telapak kaki tidak boleh terlihat. Atau juga posisi kepala saat duduk tidak boleh lebih tinggi dari patung buddha atau Raja dalam rumah tersebut. Selain itu, kebiasaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat thailand yaitu ketika makan mereka tidak akan berbicara yaitu dalam keheningan. Karena jika mereka bercanda dan mengobrol satu sama lainnya maka makanan mereka akan dicuri oleh hantu. Ditambah lagi jika mereka makan sambil bersandar, dipercayai bahwa di kehidupan atau reinkarnasi selanjutnya mereka akan terlahir sebagai ular.



RELATED NEWS