17 Mei 2017, 13:27:45

Perkara yang Sering Kamu Hadapi di Kampus Baru




Menjadi mahasiswa baru tentunya sangat menyenangkan, dan pastinya banyak rintangan-rintangan yang akan kamu hadapi menginjak tahun pertamamu di kampus. Kamu akan masuk ke dunia perkuliahan dan diberi bermacam-macam pengalaman yang bisa kamu kembangkan di tahun berikutnya. Ingat! Siapkan mentalmu sekuat mungkin yah karena kamu akan dihadapkan beebagai macam masalah ataupun perkara di tempatmu bersosialisasi nantinya. Jangan sampai menyerah di tengah jalan yah.. harus maju terus pantang mundur kalau dah jadi mahasiswa!


Perkara Bingung Pakai Baju apa ke Kampus

Biasanya seneng banget kan masuk kuliah soalnya bebas pakai baju pilihanmu, dan terlepas dari seragam sekolah. Tapi jangan sampai saltum loh ya..! Hehehe.. Di awal-awal tahun kamu masuk kuliah mending pakai kostum yang aman. Kalau masih ragu kamu bisa tanya kepada kakak kelas yang berkuliah disana atau teman kos’mu yang sudah kuliah duluan di kampus baru kamu.


Perkara Mencari Teman Baru


Tenang aja yah.. Zaman sekarang mencari teman baru tidak sesulit mencari pacar baru kok. Apalagi kalau di zona kampus, banyak banget dong pilihan yang bisa kamu jadikan teman baikmu. Jadi jangan takut ataupun malu untuk beradaptasi di lingkungan barumu yah.. Biasanya sebagai mahasiswa baru dapat mencari teman saat OSPEK. Jika kamu melewatkan kesempatan itu, jangan kuatir karena kamu dapat mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan minatmu. Nah..! Ini juga salah satu kesempatan kamu bisa berkenalan dengan satu sama lain dan menjalin hubungan pertemanan yang baik, kan?


Perkara Menghadapi Senior Ribet

Di setiap kampus selalu saja ada senior yang jutek dan kadang juga rese. Gimana sih caranya menghadapi senior yang tipenya kaya gini? Jangan sampai kamu membuka cela buat mereka bisa nge’bully kamu. Nah.. kalian bersikap biasa aja dan jangan bergaya yang berlebihan kalau ke kampus. Kalau masalahnya senior kampus kamu cuek dan tidak ramah ya udah biarin aja. Tapi jangan terlihat jadi junior yang lemah juga dong. Kalau senior kamu sampai ngebull’y seperti main fisik, memfitnah atau bertindak tidak seharusnya, kalian harus berani aduin mereka ke dosen atau pihak yang berwajib yah.


Perkara Soal Angkringan dan Kantin

Kebanyakan di setiap spot kantin kampus selalu saja ditempati oleh kalangan-kalangan tertentu. Contohya seperti kantin A yang banyak diduduki oleh mahasiswa angkatan 1, kantin B yang banyak dikerumuni oleh fakultas tertentu. Eits! Jangan takut untuk blend into the crowd yah! Siapa tahu kamu ngga cuman nambah teman tapi malah bisa dapat jodohmu? Hehehe.. Tapi kalau misalkan kantin penuh, kamu bisa ajak teman-teman kamu untuk cari makan di tempat lain dong. Sekali-sekali bawa bekal bareng juga asyik koq!


Perkara Beda Sistem Belajar Selama di Bangku SMA dan Kuliah

Banyak hal baru yang harus kamu kenali ketika kamu menjadi mahasiswa. Sistem belajarnya pun berbeda dibandingkan kamu saat SMA. Contohnya seperti SKS, IP, IPK, KRS, semester pendek, mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan lain sebagainya. Kamu harus mengerti setiap pengertian yang disebutkan tadi. Karena sebagai mahasiswa kamu dituntut agar proaktif dan memiliki inisiatif sendiri.


Perkara Ngadepin Dosen Killer

Kamu harus tau dong cara dosen agar mendapatkan kesan pertama yang baik dari kamu. Cara yang paling awal yaitu usahakan jangan sampai terlambat masuk kelas, kedua jadilah mahasiswa yang aktif serta partisipatif dalam aktivitas yang ada di kelas. Selesaikan semua tugas yang diberikan oleh sang dosen. Dan cara terakhir yang paling ampuh yaitu ajaklah dosenmu untuk berbincang-bincang diluar kelas. Bisa mengenai mata kuliah yang diajarkan, ataupun hal-hal umum lainnya seperti pengalaman beliau ketika masih menjadi mahasiswa. Dosen killer mah biasanya senang lho bercerita tentang dirinya sendiri. Bener ngga guys?


Perkara Bikin Paper atau Makalah

Percaya atau engga, di zaman sekarang ini semuanya serba mudah ditambah oleh akses internet yang memudahkan kalian mendapatkan materi untuk paper atau makalah. Tapi tunggu dulu! Jangan serba plagiat lho yah.. Jangan lupa untuk ajak teman-teman kamu kerja tugas bareng agar kalian bisa me’review bersama-sama sebelum kalian mengumpulkan tugas. Satu hal lagi, kalau kamu kerja kelompok jangan lupa untuk mengatur pembagian tugas dengan jelas agar tidak ada terjadi konflik yah..



RELATED NEWS